Assalamu’alaikum,
It’s been so long since my older post yah, I mean post yang
tentang cerita-cerita.
Saya pikir kendala semua blogger yg patah-patah ngeblognya
itu sama, ada banyak momen yang mau di-share, tapi sekali kemudian dua kali
momen terlewat untuk diposting jadi males atau lupa detail kejadiannya yg
berbuntut vakumnya ngeblog. Setiap kali ngeblog saya selalu punya ‘azzam yang kuat buat lebih
rutin lagi ngeblognya, tapi yagitu, seringnya failed, hehehe…
Nah, on this blogpost, saya mau share tentang healthy life
yg sedang mulai saya jalani. Bukan diet sih, emphasized berat badan saya selama ini
cuma 37-40kilo. Terus ada yg nanya, kenapa gegayaan makan yg pake pola-pola
begitu? Karena saya percaya banget dengan quote “you are what you eat,” yes, apa yg
kamu makan itu menentukan hidupmu. Saya tipe orang yg susah makan dan makan
waktu lapar saja. Lah makanan yg sering saya makan kebanyakan junk food,
makanan berlemak, goreng-gorengan, gak suka sayur, males makan buah, dan gak
pernah olahraga ataupun keluar keringat. Nah, lengkaplah sudah kekacauan pola
makan saya, hehe… Yang mungkin menyelamatkan saya adalah pola minum air putih di
keluarga saya yg memang selalu disediakan air putih berliter-liter digelas-gelas besar dan jus
aneka buah yg di-mix jadi satu.
Then, makin ke sini saya udah mulai peduli sama kesehatan
karena sekarang kan banyak banget penyakit-penyakit aneh yg hampir kebanyakan
berasal dari makanan. Saya merinding dong tiap denger orang-orang yg masih muda
penyakitnya udah banyak. Saya alhamdulillah sehat-sehat dengan pola makan
mengerikan tsb, tapi ke depan, who know’s kan?
Karena itu saya mulai berpikir buat mengatur pola makan saya.
Browsing lah mencari kira-kira pola makan apa yg cocok sekiranya saya kuat
menjalaninya, hehehe that’s the point. Ada diet mayo yg menekankan no salt and
ice, tapi belum nyoba pun saya udah menyerah karena saya penyuka makanan asin
dan es krim. Ada pola diet dengan menghitung kalori yg tentu saja tidak cocok
untuk saya karena goal saya bukan menurunkan berat badan. Daaan, akhirnya ada food
combining yg sepertinya paling cocok buat saya.
Apa sih food combining itu? Monggo boleh googling… Simplenya,
food combining ini pengaturan pola makan yg disesuaikan dengan kebutuhan tubuh
baik untuk pagi, siang maupun malam. Food combining juga mempertimbangkan efektivitas penyerapan makanan pada tubuh. Yang
menonjol dari food combining adalah kita tidak boleh makan karbo, protein
hewani dan buah dalam waktu yg sama. Polanya begini;
-Jam 4.00-12.00; saya hanya makan buah. Bisa apel, melon,
mangga, pepaya dan lain-lain. Seadanya sih, karena kebetulan di rumah selalu
ada buah-buahan. Kenapa buah? Karena di jam-jam itu tubuh kita dalam proses
pembuangan. Jadi makan buah akan memperlancar proses pembuangan.
-Jam 12.00-20.00: Saya makan apa saja asalkan tetap
mengikuti pakem food combining. (protein hewani dengan sayuran atau karbo
dengan sayuran, dan tidak memakan karbo bersamaan dengan protein hewani)
-Jam 20.00-4.00: Nggak makan apa-apa,hehe…


Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkunjung, feel free to share your comment :)